Search This Blog

Wednesday, November 11, 2015

Bila Anak Belum Bisa Membaca di Usia 7 Tahun

Via vemale.com

Dunia pendidikan saat ini semakin maju dengan mulai didirikannya lembaga-lembaga bimbingan belajar untuk anak-anak bahkan di saat anak belum memasuki tahap usia sekolah. Para ibu kini sudah terbiasa memasukkan anak-anak mereka ke playgroup ataupun PAUD terlebih dulu untuk kemudian berlajut ke TK sehingga anak sudah pintar dan mengerti serta lebih siap dalam belajar. Namun meski begitu, tak jarang ada pula anak yang belum lancar bahkan sama sekali belum bisa membaca padahal sudah berada di bangku sekolah dasar.
Mengajari membaca pada anak-anak memang gampang-gampang sulit. Hal itu perlu ketelatenan, kesabaran dan dukungan agar anak tidak merasa terbebani dengan hal yang baru baginya. Bunda sebaiknya juga turun tangan secara langsung seperti mengajari putra-putrinya setiap malam kendati anak sudah di masukkan ke dalam lembaga bimbingan belajar. Dengan begitu, bunda akan lebih tahu kekurangan ananda ketika membaca. Nah, beberapa hal ini adalah penyebab si kecil belum lancar membaca :
1.      Lingkungan
Berada di lingkungan yang tidak terlalu memperhatikan pendidikan sebaiknya harus membuat anda lebih waspada. Seringkali si kecil akan mengukur kemampuannya dangan kemampuan teman-temannya. Bila teman seumurannya memang belum ada yang pandai membaca maka si kecil pun akan merasa santai saja bernasib sama.  tak masalah memberikan izin si kecil bermain bersama teman-temannya, tapi anda juga harus menerapkan jam belajar yang wajib di patuhi si kecil.

2.      Tak Ada Bimbingan
Kesibukan dan tidak adanya waktu luang sering menjadi alasan bagi para orang tua untuk mengabaikan hasil belajar si kecil. Hanya menyerahkan pembelajaran anak-anak anda pada bimbingan-bimbingan belajar saja tidaklah cukup. Tahukah bunda, anada juga perlu motivasi belajar dari orang-orang tersayang.

3.      Kurang Latihan
Bunda mungkin bertanya-tanya apa penyebab ananda belum lancar membaca, tidak bisa mengeja huruf padahal sudah hafal huruf A-Z. Hal itu bisa saja terjadi karena kurangnya latihan. Membaca tak harus dengan buku-buku pelajaran yang justru memusingkan bagi si kecil. Jika ananda menyukai cerita, bunda bisa membelikan koleksi buku-buku cerita sehingga si kecil akan merasa senang dalam berlatih membaca.

Itulah beberapa penyebab dan solusi bila si kecil tak juga lancar membaca di usia yang sudah tidak lagi balita. Bunda, jangan lupa mengontrol dengan bertanya apa saja yang ananda pelajari selama seharian ini ketika malam.




No comments:

Post a Comment